..waktunya mulai aqiqah,dapatkan souvenir cantik untuk setiap pesan

Selasa, Juni 07, 2022

7 manfaat mengajarkan sedini mungkin berkurban pada anak



Biasanya anak-anak usia balita hingga SD sangat antusias untuk menyambut hari raya yang satu ini. Bagaimana tidak, melihat banyaknya hewan kambing dan sapi di sekitar rumah, pasti membuat si Kecil senang, bahkan ada yang turut memberi hewan-hewan tersebut makan.

Selain nilai agama, ada banyak hal lain yang bisa diajarkan kepada anak-anak dari berkurban. Orang tua bisa mengajarkan beberapa makna berkurban kepada anak, seperti:


1. Berbagi
Secara mendasar, berkurban mengajarkan anak untuk berbagi. Anak-anak bisa belajar untuk memberi kepada orang yang membutuhkan atau kurang mampu.
 

2. Pergunakan Keistimewaan Sebaik Mungkin
Berkurban adalah mengorbankan sebagian kecil dari harta untuk dibelikan hewan ternak yang nantinya akan dibagikan. Hal ini sebetulnya bisa mengajarkan pada anak-anak bahwa ketika mereka punya keistimewaan berupa finansial yang cukup, mereka harus menggunakannya sebaik mungkin. Mereka perlu ingat bahwa di setiap keberhasilan mereka, ada orang lain yang perlu dibantu

 

3. Ikhlas dan Dermawan
Memberi dibutuhkan keikhlasan. Anak-anak akan merasakan kebahagiaan ketika mereka bisa membantu orang lain. Dengan terbiasa memberi dengan ikhlas, anak-anak akan belajar menjadi dermawan sejak dini.

 

4. Tidak Perlu Pamer
Bila orang tua mampu berkurban di tahun ini, tanamkan pada anak bahwa ia tak perlu memamerkannya. Sebab, keutamaan memberi adalah niat yang tulus dan bukan untuk dilihat orang lain.
 

5. Menanamkan Kepekaan dan Kepedulian Sosial
Untuk memberi, tentu saja dibutuhkan kepekaan dalam melihat siapa yang sesungguhnya membutuhkan bantuan. Anak-anak akan belajar lebih peka dan empati dalam mengenali orang yang membutuhkan bantuan di dalam lingkungan sosialnya bila terbiasa melakukannya. Ini adalah salah satu dari 7 Langkah Mengembangkan Kecerdasan Sosial Balita
 

6. Memberi itu Membahagiakan
Memberi barang berupa materi sebetulnya adalah sumber kebahagiaan bagi orang lain. Anak-anak bisa belajar bahwa dengan memberi, mereka juga bisa jadi sumber kebahagiaan bagi orang lain.

 

 7. Kerja Sama atau Gotong Royong

Di masjid tempat tinggal kita, biasanya daging kurban didistribusikan oleh panitia yang terdiri dari warga. Sebetulnya hal ini bisa mengajarkan nilai kerja sama dan gotong royong pada anak

sumber :dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





Belanja online

Cari Toko Bunga Bogor?