..waktunya mulai aqiqah,dapatkan souvenir cantik untuk setiap pesan

Minggu, April 10, 2022

Sedekah mengaqiqahkan anak Yatim




Sering pembahasan mengenai aqiqah adalah aqiqah dari lingkungan sekitar ,yaitu anak sendiri,adik dan kakak juga orangtua apakah sudah di aqiqahkan ,kali ini yang dibahas adalah bagaimana kalau mengaqiqahkan anak yatim yang di luar lingkungan.

Anak yatim adalah anak yang ditinggalkan oleh ayahnya sebelum usia baligh. Nabi Muhammad SAW sendiri adalah anak yatim sejak dalam kandungan. Seorang anak yang baru lahir berhak untuk mendapatkan aqiqah dari orang tuanya. Lalu, bagaimana hukum aqiqah bagi anak yang ditinggal meninggal ayahnya sebelum ia baligh?

Nabi Muhammad SAW tidak pernah memberikan sabda langsung yang menunjukkan bahwa hanya ayah kandung dari anak yang berhak mengaqiqahi anak tersebut. Nabi hanya pernah bersabda:

Hewan aqiqah akan disembelih pada hari ketujuh kelahiran seorang anak. 

Beliau tidak menyebutkan siapa orang yang wajib untuk bertanggung jawab dan siapa penyembelih hewan tersebut. Hal ini disimpulkan oleh para ulama bahwa keluarga atau kerabat dekat juga boleh mengaqiqahi anak ini. Bila ada kerabat yang berbaik hati dan ingin bertanggung jawab mengaqiqahi anak ini, maka hal ini akan dihitung sebagai pahala. Wallahua’lam. 

Pendapat ulama yang lain mengatakan bahwa anak ini juga boleh mengaqiqahi dirinya sendiri setelah mampu mencari nafkah atau setelah baligh. Meski demikian, ada juga ulama yang mengatakan bahwa anak yatim terbebas dari aqiqah setelah dirinya baligh dan dewasa. Pendapat ini didukung dengan pernyataan Dr. Hisamuddin dalam buku bernama Almufashshai fi Ahkamil Aqiqah.Anak yatim hendaknya melakukan aqiqah dengan hartanya sendiri bila ia memiliki harta yang lebih dari kebutuhan dasar dirinya sendiri. Dengan melakukan hal ini, anak tersebut dianggap sudah menegakkan syiar. 

Ada baiknya apabila kerabat ikut membantu anak yatim ini untuk bisa mendapatkan hak aqiqah bagi dirinya. Apalagi di jaman sekarang sudah tidak perlu repot lagi karena ada banyak jasa aqiqah.

Sebagai lembaga usaha jasa aqiqah yang sudah berpengalam ,maka kami pun pernah mendapatkan pesanan yang di peruntukkan mengaqiqahkan anak yatim , bukan aqiqah anak sendiri yang diberikan ke yatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





Belanja online

Cari Toko Bunga Bogor?