..waktunya mulai aqiqah,dapatkan souvenir cantik untuk setiap pesan

Kamis, April 07, 2022

KEUTAMAAN BERSEDEQAH



Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744

Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta-minta, bukanlah ciri seorang mukmin. Bahkan sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah.

Keutamaan Sedekah

Sedekah dapat menghapus dosa

Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir


Sedekah memberi keberkahan pada harta


Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah


Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah


Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur


Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli


Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia


Sedekah menjauhkan diri dari api neraka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar





Belanja online

Cari Toko Bunga Bogor?