..waktunya mulai aqiqah,dapatkan souvenir cantik untuk setiap pesan

Kamis, April 07, 2022

Birulwalidain Bantu memasak bunda di bulan Ramadhan

 




Birrul walidain adalah berbuat baik kepada kedua orangtua, menunaikan hak orangtua dan (kewajiban terhadap) mereka berdua, tetap menaati keduanya, melakukan hal-hal yang membuat mereka senang ,dan menjauhi berbuat buruk terhadap mereka.
Perintah untuk berbakti kepada orangtua ini tertuang dalam beberapa ayat Alquran, salah satunya Surat Al-Luqman ayat 14 dan 15 yang berbunyi:
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepadaKulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Luqman: 14-15)
Bulan Ramadhan sudah berjalan 5 hari ,dan tidak lah salah seandainya anak-anak dilibatkan dalam hal membantu memasak apalagi banyak diantarnya ada yang libur sekolah.
Banyak manfaat mengajak anak untuk di ajarkan membatu memasak saat bulan Ramadhan diantaranya adalah

 1. Mengasah keterampilan hidup Mempelajari keterampilan dasar memasak sedini mungkin dapat digunakan selama hidup yang membantu keterampilan seseorang. Tentu untuk beradaptasi dengan baik hingga dewasa nanti dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
 2. Membangun hubungan Dapur ini juga merupakan lingkungan yang bagus bagi seluruh anggota keluarga untuk bekerja sama dan berkomunikasi. Tak hanya itu saja, dari dapur juga dapat membangun kelekatan hubungan yang lebih baik seluruh anggota keluarga
3. Membangun percaya diri Dapur dapat menjadi tempat untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak. Melibatkan anak-anak memasak memberikan banyak kesempatan untuk mendorong dan mengapresiasi aktivitas mereka. 
4. Perkembangan fisik Ketika memasak anak harus mencoba dan merasakan bagaimana mengaduk, mengukur, menggulung, memeras, dan lain sebagainya.
5. Membantu anak mengenal macam-macam rasa Salah satu manfaat terbesar memasak pada anak-anak adalah dapat membantu mereka mengembangkan mengenal macam-macam rasa. Ini dapat membangun perkembangan sensori mereka. Baca juga: Orangtua, Begini Pengasuhan Positif pada Anak Usia Dini
6. Bahasa, matematika, sains dan kreativitas Anak-anak belajar dengan menyentuh, mengecap, merasakan, mencium, mengamati, membaca dan mendengarkan, menghitung bahan yang digunakan.

dari kompas.com ditambah sumber yang lain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





Belanja online

Cari Toko Bunga Bogor?