..waktunya mulai aqiqah,dapatkan souvenir cantik untuk setiap pesan

Selasa, Desember 21, 2021

# Jangan Sombong ya #


Semoga kita terhindar dari tabiat atau Perangai sombong,Sombong bisa terjadi ketika manusia menjalani kehidupan makmur dan berjaya, lupa saat susahnya ,tidak imgat lagi waktu merananya, Sombong ketika melihat orang lain merasa berada dibawahnya , Sombong karena sudah jadi orang, lupa prosesnya, Sombong ketika mendapati lingkuangan yang berbeda dari lingkungan dahulu, sudah sosialita sudah organisatoris, sudah merasa mampu mengelolanya dan masih banyak lagi cerita tentang kesombongan yang dilakukan manusia. Ingat kisah Malin Kundang yang sudah merasa kaya dan mencampakkan sertatidak mengakui ibunya.

Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah di bumi. Segala yang ada di muka bumi adalah hanya titipan dari Zat yang Maha Memiliki, yakni Allah Azza Wajalla.Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah di bumi. Segala yang ada di muka bumi adalah hanya titipan dari Zat yang Maha Memiliki, yakni Allah Azza Wajalla.Oleh karena itu, tidak sepantasnya manusia sebagai hamba bersikap sombong atau takabur. Karena sifat ini hanya dimiliki oleh Allah dan manusia dilarang untuk membanggakan dirinya.

Sebagaimana Allah berfirman, 

Janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS Luqman: 18).

Rasulullah SAW pun dengan tegas melarang umatnya agar menjauhi sifat ini. Dalam suatu riwayat Rasulullah bersabda

Maukah kuberitahukan kepada kalian siapakah penghuni neraka itu? Yaitu, setiap orang yang berperilaku bengis, kasar, dan menyombongkan diri. (HR Bukhari-Muslim).

Banyak dari manusia yang tidak tahu bahwa setan sedang berusaha dengan sekuat tenaga untuk menggelincirkan manusia dari jalan Allah. Mereka meng gunakan tipu daya yang seindah mungkin untuk mengajak ma nusia berada dalam barisannya.alasan Allah SWT kepada orang-orang yang demikian adalah siksa yang pedih di akhirat nanti.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, Tiga golongan yang kelak Allah tidak akan berbicara kepada mereka, tidak akan membersihkan mereka (dari dosa), dan tidak akan melihat mereka (dengan pandangan rahmat), sedang mereka akan memperoleh siksa yang amat pedih, yakni laki-laki yang berzina, pemimpin yang berdusta, dan orang miskin yang sombong.

Kita ingat kisah Fir aun manusia paling sombong yang mengaku dirinya tuhan, kita ingat kisah Qorun yang mati karenaa kesombongan dengan hartanya dan mati jua dengan hartanya, kisah kamal attartuk yang sombong sampai tanah saja tdiak mau menerimanya

Semoga tlisan di atas bermanfaat bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





Belanja online

Cari Toko Bunga Bogor?