Senin, Januari 04, 2021

Don't give up



 Ta ada manusia

Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasaNya
Bagi hambaNya yang sabar
Dan tak kenal putus asa
Jangan menyerah
Jangan menyerah
Jangan menyerah
Jangan

Dmasiv :jangan menyerah

   Hari itu hari Minggu saya dan istri berniat belanja dengan naik motor ke pasar. Mulailah perjalanan ke pasar berdua saat itu yang awalnya terlihat normal saja saat kami berangkat,ternyata di tengah perjalanan mendadak ban motor kami kempes atau kurang angin  yang membuatnya perjalanan terhenti.

   Akhirnya motor di bawa tanpa menaikinya karena ban kempes  serta berusaha mencari jasa tambal ban terdekat. Cukup jauh saya membawa motor untuk menjumpai toko jasa tambal ban dan akhirnya di jumpai juga namun dalam kondisi belum buka. Saya lanjut mencari jasa tambal ban yang lain dengan membawa motor tanpa dinaiki dengan jarak yang juga tidak dekat dan ternyata tutup juga,peluh keringat mulai mengucur karena jauhnya membawa motor. Saya mencari lagi jasa tambal ban yang jaraknya jauh juga dan setelah mendapati toko jasa tambal ban juga tutup lagi ,langsung istighfar yang dapat saya lakukan . Ada apa ini ya ,kenapa kompak saat itu toko jasa tambal ban semuanya tutup, letih terasa karena merasa ikhtiar sudah optimal mencari jasa tambal ban di beberapa tempat untuk menambal ban namun semuanya tutup. Akhirnya kepasrahan lah yang di lakukan dan berdoa memohon ampunan  jika dalam perjalanan hidup ada kesalahan dan mohon pertolongan kepada Alloh. Seketika datang lah teman  yang lewat  sedang menaiki motornya lalu menemui saya dan membantu mencarikan toko jasa tambal ban. Alhamdulilah didapati toko jasa tambal ban yang buka segera saja saya menambal ban motor saya. 

   Merenung dengan kejadian ini bahwa Alloh sayang kepada hambaNya yang sudah ber ikhtiar dan pasrah dengan hasil dari ikhtiar dan berdoa mohon pertolongan  dan berzikir selalu. Insha Alloh langsung dikabulkan,Intinya jangan menyerah dan ikhtiar selalu serta berdoa.

   Hikmah yang juga kita dapati dalam peristiwa perang badr,tentu secara logika akan ciut nyali melihat jumlah pasukan muslim hanya 300 sementara pasukan Quraisy 1000 an . Dalam perang Badr,tatkala melihat sedikitnya jumlah pasukan kaum Muslimin dan minimnya persiapan mereka, sementara musuh mempunyai kekuatan lebih besar,pasukan muslim tetap berani dan menunggu aba aba dari Rasululloh,dan  Rasulullah berdiri memanjatkan doa. Cukup lama Rasulullah berdoa, sampai-sampai pakaian bagian atas beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam jatuh dari pundaknya. Abu Bakar ash Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu merasa kasihan dan menghibur beliau dengan berkata: “Allah tidak akan menyia-nyiakanmu sedikit pun, wahai Rasulullah,” dan kemudian datanglah bantuan dan kemenangan dari Allah lewat firmanNya :
Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Rabb-mu, lalu diperkenankanNya bagimu: 

“Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. [al Anfal : 9]. 

   Ketika seorang hamba berdoa kepada Allah, memohon agar permasalahan yang menghimpitnya selesai, pada dasarnya ia telah membuktikan tauhidnya. Dan tauhid yang benar akan menyelamatkan dari jeratan fitnah serta ujian.

   Jangan menyerah juga dapat diaplikasikan dalam berdoa,terus saja berdoa jangan menyerah dan harus yakin Alloh akan menolong hambaNya yang memohon.
Allah menjamin pengabulan setiap doa kita melalui janji-Nya . Janji itu jelas bersifat mutlak. Sayangnya kita sering kali putus asa dalam berdoa, karena kita merasa doa-doa kita belum diijabah oleh Allah Swt. Sikap menyerah dan putus asa itu disebabkan karena manusia tidak merasa yakin bahwa apa yang ia pinta melalui doanya itu, akan benar-benar diijabah oleh Allah Swt. Kita sering merasa bahwa Allah Swt itu adalah bawahan kita yang bisa kita perintahkan semau kita. Kita ingin doa kita segera terkabul dan kalau tidak terkabul kita ngambek gak mau berdoa lagi.

Guru Sufi, Ibnu Athaillah as-Sakandari mengingatkan kepada kita semua agar kita tidak berputus asa dalam berdoa. Dalam Kitabnya yang terkenal “Al Hikam”,  Ibnu Athailah berkata,

“Tertundanya pemberian (pengabulan doa) setelah engkau mengulang-ulang permintaan (berdoa), janganlah membuatmu putus harapan. Allah menjamin dikabulkannya doa mahluknya sesuai dengan apa yang Allah pilih buatmu, bukan menurut apa yang engkau pilih sendiri, dan pada waktu yang Allah kehendaki, bukan pada waktu yang engkau ingini."


Al Quran Surat Al Baqarah ayat 155

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,



"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”. (QS.40.Al Mu’min: 60)

Dalam hadits Rasutullah SAW bersabda: “Tidak seorangpun yang berdoa, melainkan ia berada di antara salah satu dari 3 (tiga) kelompok ini: Kadang ia dipercepat sesuai dengan permintaannya, atau ditunda (diijabahnya) demi pahalanya, atau ia dihindarkan dari keburukan yang menimpanya.” (HR. Imam Ahmad dan AI-Hakim).



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?