Kamis, September 24, 2020

Sederhana namun memiliki nilai yang berarti

   
Gambar hanya ilustrasi dari berbagai sumber

simple but has significant value

 
 Sederhana yang dilakukan sepasang suami istri ini, Saat itu habis maghrib suami baru pulang dari kegiatan membantu orang dengan alat terapi bekam,beliau memang suka membantu orang  lain dengan keahlian bekam dan suami ini tidak pernah memberikan harga saat selesai therapy orang yang membutuhkan.
   Suami memberikan uang sejumlah 30.000 sebagai hasil membantu orang lain dari terapi bekam kepada istrinya. Sungguh sebuah sikap yang harus ditiru semua orang dengan senyum yang manis dan sopan serta dengan dandanan yang terbaik menjemput suaminya pulang di depan rumah dan menerima uang 30.000 yang diberikan suami  dengan berucap Alhamdulillah,sungguh menyejukkan rasanya bagi suami ketika istrinya menerima dengan rasa syukur.  Inilah yang disebut rumah bagaikan surga dan kehidupan keluarga yang mawaddah wa rahmah dalam benak suami yang baru saja letih habis melakukan terapy bekam. Suami duduk di teras rumah sambil minum teh manis hangat yang dibuat oleh istrinya. Saat baru minun teh mendadak mendapat telpon kawannya yang membutuhkan jasanya untuk terapy bekam,dan akhirnya janjian dengan waktu akan di datangi setelah sholat isya.
   Pergilah suami ini untuk membantu orang yang membutuhkan jasanya. Setelah selesai melakukan kegiatan bekam,dengan perasaan senang ingin segera sampai di rumah. Saat tiba sampai di rumah disampaikan lah berita baik yaitu suami ini menerima uang sebesar 300.000,dari yang membutuhkan jasa bekamnya,suami ini juga mengatakan bahwa dia tidak meminta sebesar itu dan terasa besar ,jawaban konsumennya memang diberikan untuk bapak yang bekam dengan ikhlas dan senang,karena konsumen baru juga dapat rezeki. Sungguh ini rezeki yang tidak terduga duga bagi suami istri ini.
   Maha suci Alloh,Maha besar Alloh yang telah memberi rezeki yang tidak terduga .
 Ini cerita ngakalan aja kalee...,betul ini cerita fakta,dan untuk mensamarkan nilainya dirubah dan ditulis saja suami dan istri.
   Adakah kejadian yang ini terjadi di rumah tangga yang lain walau dengan percakapan dan mungkin cerita sedikit berbeda. Sungguh sangat jadi dambaan semua negara jika warganya ,sebuah keluarga yang hidup rukun seperti ini dan tidak ada berita seperti yang viral selama ini dimana di satu wilayah peserta sampai berbaris di pengadilan agama yang katanya urus perceraian.
   Nikmat bagi sebuah keluarga jika di dalamnya sama seperti cerita di atas, dan kesimpulan nya ada lah rasa syukur yang mendalam dan tidak berhenti selalu berdoa dan dzikir aga mendapat selalu pertolongan dari Alloh SWT. Sudah menjadi janji Alloh barang siapa bersyukur akan kutambah nikmat,juga jangan lah lupa ketika kesenangan menerpa biasanya lupa.
   Bersikap syukur bisa dilakukan dalam bentuk tidak melakukan pengeluaran berlebihan atau boros ,tiap manusia tidak di anjurkan ketika berlebihan dana pengeluaran(berbelanja) jadi berlebihan dan juga jangan terlalu irit cenderung jadi kikir. bukan berarti Islam melarang berbelanja. Tetapi, yang ditekankan ialah pentingnya prinsip keseimbangan. Artinya, berbelanja boleh-boleh saja, tetapi tetap tidak menghambur-hamburkan uang. Di sisi lain, keseimbangan itu juga melarang sikap terlalu irit hingga menyulitkan diri sendiri.
   Tetap lah terus mengingat  Alloh sekalipun dalam kondisi yang lapang dan tidak kekurangan.  Karena orang yang sedang dalam ke adaan senang cenderung lupa, terlebih lupa kepada Alloh. Kadang jadi suka membandingkan dulu motor gak ada sekarang ada,dulu motor buatan cina sekarang motor harley ,dulu sering berteman dan bertegur sapa sekarang melihat dan melambai orang tidak dilakukan dan cenderung kaca di tutup serta memilih warna yang tidak dapat dilihat orang dari luar.
   Orang yang selalu mengingat Allah juga berhati-hati supaya terhindar dari perbuatan maksiat. Kalaupun melakukan hal itu, dia segera terpanggil untuk bertobat dan memohon ampunan kepada-Nya. 
Sebaliknya, orang yang jauh dari mengingat Allah akan mudah lalai. Dia menganggap ringan perbuatan dosanya, sehingga alih-alih menyesal, justru pada waktu berikutnya dilakukannya lagi.
  Jadi jalani kehdupan yang seimbang  seimbang,belanja hanya karena kebutuhan,dan tujuan fungsional,serta selalu berdoa dan berzikir kepada Alloh agar selamat dalam kehidupan dan tetap berharap pertolongan Alloh ,walau waktu untuk pertolongan Alloh tinggal satu detik. Tidak ada yang Mustahil bagi Alloh.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azabku sangat pedih" (QS. Ibrahim :7)

Alquran surah al-Baqarah ayat 152. Terjemahannya, "Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?