Sabtu, Agustus 29, 2020

Berubah .....haruslah....


Sadar saatnya berubah
Sadar saatnya berpindah
Sadar saatnya bangun dari tidur lama dan bergegas kencang untuk meraih impian
Sadar saat nya menjadi bagian dari perubahan
Sadar akan di dapati tantangan
Sadar bisa menjadi sukses
Sadar melalui nya dengan proses
Sadar akan kekurangan
Sadar untuk menerima masukan
Sadar tidak ada yang abadi
Sadar meraih nilai tertinggi dalam kehidupan dengan ketaqwaan yang tinggi
Sadar meraih husnul khotimah tidaklah mudah

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka....Qs.2: 201.

Selamat tahun baru,selamat untuk memulai lembaran baru,semoga di tahun yang baru suasana berubah,rezeki berubah menjadi lebih baik,sikap berubah,dan masih banyak lagi yang berubah yang intinya menjadi lebih baik. Kalimat seperti di atas adalah biasa menjadi ucapan untuk setiap pergantian tahun,dan yang harus dimasyarakatkan bagi ummat muslim adalah tahun baru hijriah. Dan jatuh pada tanggal 1 Muharram.

Semoga tahun ini yang kelihatannya terasa sepi  yang biasanya ada pawai keliling,ada tabligh akbar ,ada i'tikaf di masjid jadi tidak diadakan dan semoga ini  dirasakan hanya karena masa pandemi covid 19 ,dimana di sarankan dan di anjurkan untuk tidak mengadakan acara kerumunan ,yang akan menjadi kan acara acara itu jadi penyebaran virus ini lebih luas .

Hijriah dan kadang lebih sering di dengar disebut hijrah adalah perpindahan dan perubahan. Dimasa Rasululloh saat dimana hijrah dikenal dengan hijrahnya ummat muslim dari Mekah ke Madinah. Dan banyak peristiwa agung terjadi di bulan ini diantaranya   Pada bulan Muharam, taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT, Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat juga terjadi di Muharam, yakni usai dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia di Bumi, Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Namrud terjadi di Muharam. Siksa itu berupa nyala api, yang ternyata tidak membakar Nabi Ibrahim. Pada bulan Muharam juga, Nabi Yusuf  AS 
dibebaskan dari penjara kerajaan Mesir. Sebelumnya, Nabi Yusuf AS dipenjara karena fitnah yang menimpanya. Peristiwa Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan besar yang menelannya pun terjadi di bulan Muharam. Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakitnya juga pada bulan Muharam. Pada bulan Muharam, Nabi Musa AS dan umatnya, kaum Bani Israil, selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan ratusan ribu umatnya selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

berubah pola fikir juga dapat dimaknai dengan hijrah,yang tadinya dalam kehidupan bergelimang terkait riba merubah untuk tidak mau sedikitpun ada hubungannya dengan riba atau mengurangi nya perlahan lahan,Berubah yang tadinya tidak berhijab menjadi berhijab tanpa ada maksud conten di medsos,atau semakin terkenal yang biasa kita dengar ,ini berhijab dari yang terdalam untuk berhijab melaksanakan keta atan kepada Alloh,bergerak dan berpindah dari satu perahu pindah ke perahu yang lain juga bagian dari hijrah dana menjadi hal biasa janganlah selalu dianggap salah dan akhirnya di cap penggembosan atau yang lain,berpindah lahan dakwah dari satu tempat ke tempat yang lain sebagai mana yang dilakukan Rasululloh saat hijrah ke Madinah,dan kadang bukan karena suatu tempat dari daerah non muslim kedaerah muslim,bisa jadi kepindahan dari daerah atau kampung  ke daerah lain,dimana daerah asal  dengan kondisi jumud ,tidak mau berkembang dan tidak berwawasan sehingga apapun yang dilakukan selalu di buat salah dan walau kenyataan dia benar,ada kemajuan dan jelas tidak menyimpang. 

Sungguh sebuah perjuangan dalam menegakkan yang benar  dan bisa dilalui dalam waktu yang cepat ,bisa juga lama dan sungguh hanya yang kuat yang fighter dapat menghadapi semuanya. Kata seorang fighter, no munafik,percaya diri, hanya berlindung kepada Alloh,memiliki keimanan yang tinggi.

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Q. S. [13] : 11.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?