Senin, Juli 13, 2020

Hitungan matematika gak kena dan gak nyambung


Suatu waktu di hari ahad ,hari libur nasional adalah hari dimana kebiasaannya adalah justru hari sibuk bagi pa yamin yang berprofesi sebagai pengusaha catering, karena hari libur biasanya suka dipakai oleh sebagian masyarakat untuk menggelar hajatan seperti pernikahan ,khitanan,aqiqahan. Dan biasanya mendapat pesanan dari salah satu diantara kegiatan hajatan.

Namun hari itu terasa beda karena pa yamin justru bersegera memiliki kegiatan lain ,sehingga dipersiapkan lah dan berangkat menjemput kawan lalu menuju tempat tempat yang sudah menjadi jadwalnya.

Bersama kawan sepanjang perjalanan bercerita tentang banyak hal ,dan pa yamin mendapati ada kata kata dari kawan itu yang akan selalu di ingat yaitu kejarlah akhirat ,dunia nanti mengikuti ,kawan melakukan kegiatan dengan menutup aktivitas berdagang satu hari itu hanya untuk melakukan kegiatan ini,begitu yakin dan semangat nya kawan melakukan kegiatan ini,yang justru membuat pa yamin bertanya dalam hati ,apa yang sudah daku lakukan,terasa masih jauh dari harapan dibanding kawan ini.


Kawan ini juga mengatakan suka susah dimasuk akal jika dalam hitungan matematik ,satu hari menurut kawan saya tinggalkan kegiatan berdagang berapa nilai yang akan tidak dia dapatkan karena meninggalkan berdagang ,namun ternyata sebanyak nilai yang dia dapatkan melebihi kegiatan berdagang ,saat kawan sudah melakukan kegiatan ini ,sungguh Alloh menggantikannya melebihi semuanya juga dekat dengan lingkungan baik kata kawan ini.

Kawan ini mengatakan menjemput pertolongan dari Alloh yang dia lakukan dan kawan yakin dan pasti pertolongan Alloh datang,kawan ku ini mengatakan lakukan kegiatan yang baik dengan menolong orang lain,menyalurkan bantuan dari donatur yang diperuntukkann untuk pesantren,membantu fakir miskin. Sungguh perkataan kawan ini menggugah hati pa yamin yang selama ini mugkin lebih banyak memikirkan kehidupan,terlalu menghitung untung rugi ketika hendak membantu orang dengan pendapatan yang akan hilang,terlalu berfikir ekonomis dengan pengeluaran yang sedikit guna mendapat pendapatan yang banyak.

mendapatkan pertolongan Allah adalah dengan cara menolong Agama Allah.


Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (Muhammad : 7)

Teringat juga oleh penulis sebuah untaian kata ''kejar lah akhirat ,dunia akan mengikuti .

 Alloh berfirman "Ketika seorang Muslim mengejar pahala demi kebahagiaan di akhirat, maka akan ditambah nikmat dunianya oleh Allah SWT. Sebagaimana Alloh berfirman Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di akhirat.” (QS. Asy-Syura: 20)

Rasulullahsaw pernah bersabda, “Barangsiapa yang kehidupan akhirat menjadi tujuan utamanya, niscaya Allah akan meletakkan rasa cukup di dalam hatinya dan menghimpun semua urusan untuknya serta datanglah dunia kepadanya dengan hina. Tapi barangsiapa yang kehidupan dunia menjadi tujuan utamanya, niscaya Allah meletakkan kefakiran di hadapan kedua matanya dan mencerai-beraikan urusannya dan dunia tidak bakal datang kepadanya, kecuali sekedar yang telah ditetapkan untuknya.” (HR. Tirmidzi)


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu dari Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya’. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?