Jumat, Juli 17, 2020

Kerjakan dengan profesional

Sebetulnya ini bukan yang pertama kali diriku mendapati dan melihatnya. Namun kali ini saat diriku menjumpainya di rest area cipularang terlihat sekelompok orang yang sedang memainkan alat musik dan menyanyi membuat diriku ingin menulis. Terdengar suara beserta alunan musik begitu enak di dengar  ditambah dengan tampilan yang baik membuat yang melihatnya ingin dengar dan mengabadikannya. Diriku juga melihat beberapa orang  memberikan uang yang nominalnya tidak kecil sebagai penghargaannya.

Diriku pun akhirnya berpikir terhadap saudara saudara kita yang mencari nafkah di jalan dengan memakai topeng topeng kartun yang lucu dan menarik namun sayangnya melihatnya saja sudah tidak enak,karena terlihat lusuh,kumuh topeng kainnya sehingga orang lain menghargainya juga tidak besar dan jarang membuka kaca jendela mobil. Mungkin beda caranya kalau dibuat tampilan yang bagus,unik dan berbeda sehingga orang menghargainya juga lebih besar.

Apa yang dilakukan pemusik di rest area dengan cara yang berbeda dan unik serta apa yang dilakukan pengamen di jalan dengan topeng dan pakaian yang sudah tidak terang lagi adalah bagian yang disebut kemasan. Dan ini membuktikan bahwa kemasan sangat mempengaruhi tampilan dan cita rasa orang yang melihatnya.


Lembaga partai dan ormas juga tidak luput dari permasalahan kemasan ini,kemasan yang dibuat oleh partai atau ormas sangat mempengaruhi massa untuk memilihnya ,warna kemasan logo juga dapat menjadi daya tarik selain itu juga  salah satu kemasannya adalah kejujuran dan pedulinya terhadap kepentingan rakyat banyak.


Kegiatan menjual baik itu produk atau jasa sangat berpengaruh dengan kemasan ,kalau itu produk dan terkait warna mungkin bisa menjadi gambaran. Kuning membangkitkan kegembiraan atau imajinasi, pink membangkitkan keindahan dan kepekaan, hitam membangkitkan kekuatan.

Darwis Triadi, seorang fotografer terkenal di negeri ini di dalam bukunya “Color Vision” mengungkapkan bahwa Pengaruh Warna bagi Psikologi Manusia:


Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh  dan damai ,dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.
Warna produk  untuk kemasannya mempengaruhi pilihan konsumen untuk membeli dan memakainya dan menikmatinya, Begitu juga dengan usaha jasa. Dan seringkali apakah konsumen akan cukup mengingat produk atau jasa tersebut sehingga konsumen ingin membelinya dan menikmatinya lagi ,tidak bisa menyampingkan pentingnya pengemasan dalam pemasaran. 

Dan kemasan yang baik dalam memasarkan atau menjual adalah salah satu sikap profesional yang dipahami dalam agama.

Dari Aisyah r.a., sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional”. (HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334).

Profesional yaitu dengan kemasan yang baik,pendekatan yang baik,sikap yang baik,gunakan kata kata yang santun, hasil kerja yang mumpuni dan masih banyak lagi.

Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 267, yang menyatakan bahwa: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan darinya padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?