Kamis, Juli 02, 2020

Bercita cita jadi orang sukses sudah biasa,miliki cita cita yang berbeda

Menghadiri pemakaman ayah dari teman
Hari ini,bapak dari teman dekat diriku wafat,saat dini hari,semoga ini jalan yang Alloh berikan yang terbaik. Jalan yang terbaik untuk bapak teman ku dan semoga husnul khatimah.

Merenung diriku di makam ,saat para jama ah mulai meninggal kan makam ,yang masih ada di sekitar makam hanya teman ku yang sedang mendo akan bapaknya,adik iparnya dan juga diriku. Pasti dan tidak bisa mengelak dari kenyataan semua mahluk akan mengalami kejadian seperti makam yang berada di depan diriku.

Terbayang oleh ku,kesunyian dan sepi mungkin yang di alami oleh jenazah,sementara kami saat masih berdoa tinggal bertiga saja merasakan sepinya. Sudah siapkah diriku,menghadapi kematian. Siapkah diriku ketika di datangi malaikat munkar dan nakir, Ya Alloh yang Maha pengasih dan Maha penyanyang,berilah diriku waktu untuk mempersiapkannya.

"Setiap yang berjiwa merasakan kematian,hanyalah kepada KAMI ,kamu dikembalikan" QS Al Ankabut :57

Setelah pulang dari takziah langsung kubuka tulisan tulisan dan artikel tentang kematian.,dan diriku membaca tulisan ber cita cita mati khusnul khotimah,sungguh ini yang buat diriku semakin ingin membaca lagi., kenapa bercita cita seperti ini,bercita cita jadi orang kaya,bercita cita jadi orang sukses sering kita dengar namun bercita cita mati khusnul khotimah jarang kita dengar.

Bercita cita jadi orang sukses pasti mempersiapkan dirinya dengan sebaik baiknya,sekolah sampai tinggi,bisa jadi sudah ditanamkan ke anak ,sebuah investasi saat dia meninggal sehingga anaknya ketika besar juga sudah siap dan katanya bisa tenang saat meninggal,kenyataannya  semua nya tidaklah abadi dan bisa jadi belum sampai sukses sudah keburu meninggal.

Bercita cita jadi mati khusnul khotimah juga harus dengan persiapan,mulailah dengan yang mudah,mulailah dengan yang terdekat,mulailah dari yang kecil...he...he...begitu kata kyai sohor.

Beberapa yang harus dilakukan untuk mencapai cita cita husnul khotimah

yang pertama haruslah diniat kan,kita berniat mati khusnul khotimah ,seperti misalnya ingin mati dalam keadaan sedang sholat,ingin mati dalam keadaan sedang baca Qur an,bahkan khalid bin Walid saja minta mati dalam ke adaan berperang dan mati syahid namun malah meninggalnya di tempat tidur. Semuanya pasrahkan kepada Alloh .

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya” (HR. Bukhari, no. 6607). Juga dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam mengatakan bahwa diantara kita ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak dia dengan surga hanya tinggal sehasta, tapi di akhir hayatnya ia justru melakukan perbuatan ahli neraka, hingga ia pun masuk ke dalam neraka. Juga sesungguhnya diantara kita ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak dirinya dengan neraka tinggal sehasta, tapi di akhir hidupnya ia melakukan perbuatan ahli surga, hingga ia pun masuk ke dalam surga.


yang ke dua lakukan perencanaan menuju ke sana dengan  salah satunya dengan  melakukan kebaikan,menjalankan perintah Alloh dengan baik dan benar,sabar ketika berkuasa ,sabar ketika ditimpa ujian,peduli kepada yang lain yang bisa jadi suatu saat kita akan mengalaminya dan belajar dari kepedulian ini,memperbanyak amalan sunnah,selalu berzikir dan bersholawat .
Sehingga dengan amalan kebaikan yang banyak tentu cita cita husnul khotimah bisa kita dapat.

Qs :Ashaf 10-11

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?

(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

Yang ketiga pasrahkan semua yang sudah dilakukan kepada Alloh SWT. Ketika ikhtiar yang optimal sudah dilakukan ,doa sudah dilakukan akhirnya kepasrahan lah hanya bisa dilakukan.


Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?