Kamis, Juni 11, 2020

Tidak ada kawan yang abadi,tidak gentar untuk berjuang

Ilustrasi 

"Berlomba lombalah  dalam berbuat kebaikan" Qs Almaidah : 48

"Dan Allloh menyukai orang orang yang berbuat kebajikan " Qs Almaidah : 93

    Kisah dari shahabat Rasululloh yaitu Ikrimah,Haris bin Hisyam serta Suhail bin Umair dalam peperangan,didahului oleh nasehat dari Khalid bin Walid kepada Ikrimah ,semuanya saat berada di perang Yarmuk,Ikrimah maju terus tidak gentar dalam menghadapi musuh ,dan sudah banyak tentara Romawi yang tewas di tangannya, melihat kinerja dari Ikrimah yang gigih dan tidak gampang menyerah,Khalid yang saat itu menjadi panglima mengajurkan untuk jangan nekat karena keberadaan Ikrimah sangat dibutuhkan.

    Jawab Ikrimah saat itu adalah Hmm...mudah saja anda mengatakan seperti itu.anda sudah merasakan manisnya berjuang ,ketika saya dan bapak saya memerangi islam,pantaskah kini saya malah lari dari pertempuran dengan Romawi tentu tidak ,biarlah saya menebus dosa dosa saya sambil terus mendekati medan pertempuran,dan akhirnya Ikrimah terluka parah  dan di baringkan dekat dengan dua sahabat Rasul yang lain. Mereka bertiga kehausan,dan ketika perawat meminumkan ke Ikrimah ,melihat sahabat yang satu sangat kehausan ,maka diberikannya ke shahabat pertama yang membutuhkan,belum lagi sampai ke bibir nya ,shahabat yang satu lagi mengerang kesakitan maka diberikannya ke shahabat yang kedua, dan belum lagi minuman itu sampai ke shahabat yabg ke dua  melihat Ikrimah  terdengar mengerang sakit diberikan akhirnya ke Ikrimah ,namun belum sampai ke Ikrimah ,ternyata Ikrimah sudah keburu meninggal ,sampai akhirnya shahabatnya  mengalami hal yang sama. Mereka sedang belomba untuk berbuat kebaikan serta saling ingin terdepan.


    Mereka telah mempraktekkan bagaimana memberikan yang terbaik kepada Alloh. Ketiganya sangat memahami dan bahkan tampak berusaha untuk mempraktikkannya.  Mereka juga telah mempraktekkan Itsar yaitu saling mendahulukan kepentingan orang lain. Ikrimah, dan dua shahabat lain sedang “berebut perhatian” Allah. Ketiganya sedang “mencari perhatian” Allah. Mereka rindu untuk mendapat ridha Allah. “Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan,” (QS Al-Maaidah [5]: 93).

    Seseorang yang gemar membantu orang lain, memudahkan banyak urusan orang lain, bahkan  lebih mengutamakan kepentingan orang lain dibanding kepentingannya sendiri tentu akan memperoleh banyak simpati dari orang-orang di sekitarnya, terlebih lagi oleh mereka yang pernah dimudahkan urusannya dan dibantu penyelesaian masalahnya sehingga akan menimbulkan rasa hutang budi. Oleh karena itu, orang lain yang pernah dibantu tersebut tentu akan berupaya untuk membalas kebaikan orang yang telah membantunya . sebagaimana kisah Ikrimah di atas.


Rasulullah SAW bersabda,

Orang yang paling dicintai olehAllah ‘Azza wa jalla adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada oranglain. Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kesenangan yang diberikan kepada sesama muslim, menghilangkan kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh, aku berjalan bersama salah seorang saudaraku untuk menunaikan keperluannya lebih aku sukai daripada beri’tikaf dimasjid ini (Masjid Nabawi) sebulan lamanya. Barangsiapa berjalan bersama salah seorang saudaranya dalam rangka memenuhi kebutuhannya sampai selesai, maka Alloh akan meneguhkan tapak kakinya pada hari ketika semua tapak kaki tergelincir. Sesungguhnya akhlak yang buruk akan merusak amal sebagaimana cuka yang merusak madu.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid-Duqnya dengan sanad hasan)

Hikmah dari cerita di atas


  1. Itsar menjadi bagian yang penting bagi seseorang untuk dicintai sesama manusia (pertemanan,persahabatan,bahkan keluarga bisa hancur ketika salah satunya mendapat dunia dan harta,hati hati apalagi jika sudah bermain politik praktis,sebagaimana anekdot tidak ada kawan yang abadi,yunior dan bawahan menjadi ladang mendahulukan kepentingan sendiri dengan alasan aturan sistem). Jadikan lah kekuasaan sebagai sarana untuk bertambah ke ta atan kepada yang Maha Kuasa Alloh SWT dan menolong sesama.
  2. Mencari perhatian dari Alloh ,lakukan kebaikan,menolong orang lain,dahulukan orang lain yang lebih perlu,menolong agama Alloh,walau harus mengorbankan apa yang berharga kita miliki ,sebagaimana kisah Ikrimah.
  3. Dimudahkan urusan di dunia dan akhirat sebagaimana sabda Rasululloh diatas dan juga pernah di alami oleh penulis.
  4. Tidak gentar menghadapi musuh atau lawan untuk memperjuangkan kebaikan .
  5. Optimis dengan cita cita,walau cibiran dan sinis menerpa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?