Jumat, Juni 19, 2020

Bisa kah saya seperti Baim

Saya sebel lihatnya
Saya malas lihatnya
Saya kesel melihatnya
Sungguh  seperti tidak pedulinya dengan kondisi masyarakat pada ummunya apalagi ada sejak ada covid 19.

Ternyata

Ada yang beda ketika saya melihat acara bakpao nya Baim wong dan Sarwendah Istri ruben peduli,serta ada beberapa acara lain. Yang terkait kepedulian terhadap sesama


Menetes air mata ini
Berkaca kaca mata ini
Ketika melihat acaranya baim dan sarwendah istri ruben onsu,Sudahkah kita bersyukur atas segala yang telah Alloh berikan ,melihat yang diliput acara itu adalah mereka yang papa,mereka yang kekurangan,mereka yang hidupnya tidak sebaik kebanyakan orang pada umumnya dan ujian menerpa mereka yang juga dalam kondisi kekurangan.

Bisakah kita seperti baim wong dan yang lainnya yang selalu peduli dengan sesama,benar adanya mereka melakukan kegiatan ini karena orang terkenal dan benar sumber pendapatannya mengalir lewat acara ini,lewat produk iklan yang menyertai kegiatan mereka,namun kalau tidak di dasari oleh awalnya dari hati mereka dan fikiran mereka tentu tidak akan berjalan.

Bisakah seperti mereka......apa harus jadi orang kaya dan ber andai andai,sebagai mana lagunya oppi andaresta

Andai aaaa aku jadi orang kaya,wah berandai andai sungguh ini sikap yang harus di jauhi.,melamun dan bengong jadi nya.

Contoh kepedulian terhadap sesama  sudah dilakukan oleh rasul dan nabi nabi,bagaimana Rasul Muhammad SAW begitu pedulinya terhadap ummat.....bahkan ketika mendekati ajal pun masih peduli. Beliau mencemaskan nasib umatnya "umati...umati...

Bagaimana shahabat Rasul Umar bin khattab sangat peduli dengan sesama,suatu ketika tamu datang menyuguhi Umar dengan makanan-makanan yang enak, tapi Umar tidak mau memakannya, karena mengingat rakyatnya dalam kondisi susah. Khalifah mulia ini ingin rakyat merasakan makanan yang sama seperti dirinya..

Apakah peduli harus kaya dulu?....tentu tidak....lihat dan kita bisa nilai ketika tayangan kepedulian saat Baim bertemu orang yang kekurangan,namun mereka masih mampu menolong orang lain yang kadang membuat Baim atau host geleng kepala. Bahkan dengan mahluk yang disebut hewan manusia juga harus punya peduli,seperti yang dilakukan dengan cara meneteskan gula ke sarang semut,memberi makan kucing liar dan sebagainya....

Penulis sempat juga terpikir saat menjadi caleg,nanti kalau jadi aleg ,harus mampu membuat lembaga kepedulian semacam LAZ, dimana gajinya sebagian mau diserahkan tuk ummat lewat LAZ,karena sudah memiliki penghasilan lain lewat usaha,namun ketika Aleg tidak jadi tetap akhirnya membuat lembaga yang peduli akan sosial,dengan nama pelangi harapan nusantara tidak harus jadi Aleg atau punya posisi dan kekayaan dulu. Penulis juga praktisi pemebrdayaan yang sudah pernah mempelopori  lembaga manajemen infak (bukan cabang dari Surabaya) di Bandung.

kepedulian terhadap sesama akan memberikan dampak positif tak hanya untuk orang di sekitarnya namun juga untuk diri kita sendiri. Rasa peduli dapat digunakan sebagai alat pemersatu.  Dengan itu kita dapat mempererat keharmonisan dengan lingkungan yang akan memperkecil permusuhan di tengah berbagai macam perbedaan. Sikap peduli terhadap sesama juga akan menimbulkan rasa saling memiliki dalam lingkungan masyarakat, sehingga mereka akan saling melindungi satu sama lain. Kepedulian terhadap sesama ini dapat di tunjukkan dengan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orang lain dengan tujuan kebaikan, memberikan kenyamanan kepada orang lain, dan saling berbagi yang sebaiknya dilakukan dengan tulus, tidak memandang martabat, derajat dan memilih – milih siapa yang akan di bantu, karena pada dasarnya semua makhluk derajatnya sama di mata Sang Pencipta.

Jadi kesimpulannya,dengan kondisi yang ada pada diri kita hendaklah peduli,peduli terhadap sesama,peduli dengan hewan dan tumbuhan juga dengan lingkungan.




Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu. Qs Annisa 86



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?