Sabtu, Juni 13, 2020

Belajar bisnis sejak kecil....Harus...Harus....


Peristiwa hijrahnya nabi Muhammad SAW dari mekkah ke madinah juga ikut membawa shahabat nabi yang lain yaitu Abdurahman bin auf dan beliau tidak membawa harta(abdurahman bin auf adalah usahawan yang sukses dan sangat dermawan apalagi untuk perjuangan islam saat itu bersama Rasululloh).

Saat tiba di Madinah Rasululloh mempersaudarakan Abdurahman bin auf dengan Sa ad bin Ar Rabi'ah berasal dari kaum Anshar di Madinah  yang terkenal ketulusan menerima saudaranya ini. Bahkan memberikan hartanya serta mempersilahkan salah satu istrinya untuk menjadi istri Abdurahman bin Auf. Namun Abdurahman menolak dengan halus semua tawaran kebaikan dari sa ad ,ia hanya ingin ditunjukan di mana pasar. Semenjak itu beliau menjadi pedagang di madinah dan sukses menjadi pengusaha.



Selain menjadi pengusaha beliau juga dikenal sebagai ahli sedeqah, beliau sangat suka mendermakan hartanya buat ummat, sebagai sebuah contoh pernah satu ketika di madinah terjadi debu yang terbang,seperti kepulan badai dan mengira ada badai besar datang ternyata adalah kafilah dagang 

 Terdiri atas 700 unta dan kuda yang membawa bahan kebutuhan pokok untuk penduduk madinah.


Beliau adalaah pengusaha muslim sejati,sukses,pekerja keras tangguh dan pantang menyerah, salah satu prinsip yang dibawa nya adalah harta yang dibawanya jangan sampai membuatnya lambat menuju surga. Hingga akhir hayatnya beliau selalu berbuat yang baik untuk ummat,sampai Ali bin abi thalib berkata,Abdurahman bina auf telah mampu menundukkan kepalsuan dunia.Ia telah mendapat kasih sayang Alloh,semoga Alloh selalu merahmatinya...Aamin


Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. [QS. Saba’ (34): 39]

Marilah kita mulai di lingkungan sendiri bagaimana menjadi kan keluarga yang kuat secara ekonomi,karena kelompok,komunitas bahkan negara ketika ekonomi nya kuat maka akan diperhitungkan oleh yang lain atau negara lain bahkan secara kasar berusaha untuk mempengaruhi dan menjajah negara lain dengan kekuatan ekonominya.


Sebagaimana sebuah cerita nyata,bahwa ada anak.yang memang sudah di didik sejak kecil usia 5 tahun sampai dia sengaja dibayar tiap hari hingga sampai SMA,dia di sekolahkan tidak di sekolah yang kebanyakan anak SMA sederajat di Singapura,sehingga melatihnya untuk mandiri dwngan komunikasi sehari hari pakai bahasa Ingeis dan Mandarin,orang tua nya juga sering mengajaknya pergi ke pameran meubel dari yang lokal dan international,sampai akhirnya menjadi pengusaha sukses di bidang meubel.

Inipun sebuah kisah nyata yang ditulis shahabat saya pa heppi di Yogyakarta.

Ibu dari 3 anak ini sangat luar biasa. Bu Hartini namanya. Berasal dari Kendal Jawa Tengah. Di balik pekerjaannya sebagai Ibu Rumah Tangga, beliau berusaha membangun bisnis dari rumah dan alhamdulillah usahanya tidak sia-sia, meskipun harus lebih dari 1 tahun menjalankannya, tetapi beliau tetap fokus dan sabar mewujudkan kesuksesannya.

Semangat bisnis inilah yang beliau tularkan kepada sang Anak. Meskipun sang Anak telah bekerja di sebuah perusahaan otomotif besar di Karawang Jawa Barat dengan gaji yang cukup besar, akhirnya sang putra yang masih muda ini memilih kembali ke kampung halaman untuk mengikuti jejak sang Ibunda.

Bu Hartini menerima keputusan sang putra. Tidak butuh waktu lama, anak pertama tersebut langsung dilibatkan dalam kegiatan usahanya, mempelajari pengetahuan produk dan sistem pemasaran, diikutkan dalam berbagai pelatihan pengembangan diri dan dikenalkan dengan teman teman bisnisnya. Iringan doa, pendampingan tulus dan ikhlas serta kasih sayang sang Bunda akhirnya mas Reno, putra kebanggaannya sudah bisa menjalankan usaha bisnisnya secara mandiri.

Selamat ya Bunda Hartini, semoga menjadi inspirasi bagi bunda-bunda yang lain untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?