Senin, Juni 15, 2020

Dari Minum Kopi

"Berhentilah makan sebelum kenyang" sebuah ungkapan untuk tidak berlebihan,kendalikan diri tuk tidak berlebihan dan mengikuti hawa nafsu. Merasa cukup bukanlah berkecukupan dan berlebihan,merasa cukup apa ada nya(qona ah )adalah sebagai rasa syukur atas apa yang yang sudah diberikan Alloh dan memanfaatkannya secara benar dan efektif.

Betapa banyak contoh orang yang memuaskan nafsunya karena tidak memiliki sifat qona ah dalam dirinya....,bagaimana Qorun karena nafsu harta yang berlebihan menyebabkan nya terus memperbanyak hartanya dengan segala cara sampai akhirnya mati terpendam dengan hartanya, betapa banyak orang yang memperbanyak hartanya sehingga rela untuk korupsi menguras dan mencuri milik orang lain,milik negara sehingga banyak di doakan oleh yang di zhalimi tuk segera hancur dan tidak berharga sama sekali sebagai manusia.


Merasa cukup adalah dengan hidupnya yang sederhana dan cukup dengan apa yang dia miliki ,tidak memilki ambisi yang lebih untuk meraih apa apa yang belum di miliki yabg penting aman dan damai.

Merasa cukup adalah bukan berpasrah diri terhadap ke adaan dan tidak melakukan apa apa,merasa cukup adalah manifestasi dari rasa syukur,kalaupun diberi kelebihan maka dengan semaksimal mungkin penggunaannya dan juga dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

"Dari abu hurairah bahwa Rasululloh bersabda " lihatlah pada orang yang berada dibawah kalian dan jangan lah perhatikan orang yang berada di atas kalian,lebih pantas engkau ber akhlak seperti itu sehingga engkau tidak meremehkan nikmat yang telah Alloh anugrahkan (HR.Ibnu Majah no 4138)

Baginda Rasul Muhammad SAW selalu menyidikitkan apa yang terkait dengan keduniaan 
Padahal Alloh telah memberikan kunci dunia kepadanya,namun  tidak dilakukan oleh beliau bahkan beliau selalu melakukan nya dengan kesederhanaan.
Abdurahman bin auf shahabat nabi yang tajir melintir,tidak pernah terlihat beda dengan pegawainya sehingga pada saat berkumpul bersama tidak bisa membedakan mana majikan dan mana pegawainya karena abdurahman yang kaya tetaplah qonaah.
Merasa cukup juga bisa jadi bentuk konsisten atas kondisi yang yang terjadi dalam satu organisasi misalnya,dalam aturan tertulis disebut kan bisa menjabat posisi tertentu hanya untuk dua kali maka waktunya dan peluangnya ada untuk ketiga kali tidak lah dilakukan karena merasa cukup dengan aturan itu,tanpa alasan dan macam macam yang di lakukan. 
Jadilah orang yang merasa cukup dan juga tidak berlebih lebihan.


"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS al-Maidah [5]: 87) 


Teringat artikel ini semoga menambah ilmu bagi kita

 NIKMATNYA BERBAGI

Ayah : Tolong buatkan kopi dua gelas untuk kita berd ua nak, tapi gulanya jangan engkau tuang dulu, bawa saja ke mari beserta wadahnya.

*Anak :* Baik, ayah

Tidak berapa lama, anaknya sudah membawa dua gelas kopi yang masih hangat dan gula di dalam wadahnya beserta sendok kecil.

*Ayah :* Cobalah kamu rasakan kopimu nak , bagaimana rasa kopimu.. ?

*Anak :* Rasanya sangat pahit sekali ayah.. 

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Rasa pahitnya sudah mulai berkurang, ayah

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Rasa pahitnya sudah berkurang banyak, ayah

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya?

*Anak :* Rasa manis mulai terasa tapi rasa pahit juga masih sedikit terasa, ayah

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Rasa pahit kopi sudah tidak terasa, yang ada rasa manis, Ayah..

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Sangat manis sekali, ayah.

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Terlalu manis. Malah tidak enak, Ayah.. 

*Ayah :* Tuangkanlah sesendok gula lagi, aduklah, bagaimana rasanya..?

*Anak :* Rasa kopinya jadi tidak enak, lebih enak saat ada rasa pahit kopi dan manis gulanya sama-sama terasa, Ayah.

*Ayah :* Ketahuilah Naak.. pelajaran yg dapat kita ambil dari contoh ini adalah..

 *"JIKA RASA PAHIT KOPI IBARAT KEMISKINAN HIDUP KITA, dan RASA MANIS GULA IBARAT KEKAYAAN HARTA, lalu MENURUTMU KENIKMATAN HIDUP ITU SEBAIKNYA SEPERTI APA NAAK...?"*

Sejenak sang anak termenung, lalu menjawab.

*Anak :* Yaa.. Ayah, sekarang saya mulai mengerti, bahwa kenikmatan hidup dapat kita rasakan, jika kita dapat merasakan hidup secukupnya, tidak melampaui batas. 
Terimakasih atas pelajaran ini, Ayah.. 

*Ayah :* Ayo anakku, kopi yg sudah kamu beri gula tadi, campurkan dengan kopi yang belum kamu beri gula, aduklah, lalu tuangkan dalam kedua gelas ini, lalu kita nikmati segelas kopi ini.

Sang anak lalu mengerjakan perintah ayahnya.. 

*Ayah :* Bagaimana rasanya..?

*Anak :* Rasanya nikmat, Ayah.

*Ayah :* Begitu pula jika engkau memiliki kelebihan harta, akan terasa nikmat bila engkau mau membaginya dengan org2 yang kekurangan.

*Anak :* Terima kasih atas ilustrasinya, Ayah.. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?