Rabu, Mei 13, 2020

Jangan jadikan keset mereka


Muliakanlah mereka,perhatikan mereka,jujur kepada mereka,ajak dialog kehidupan dan agama dengan mereka,penuhi hak hak nya dan perhatikan keluarganya

Tegas juga terhadap mereka jika kita sudah memberikan ,segera akhiri hubungan,jangan menunggu lama atau bahkan upaya memberhentikan dengan pelan pelan...,

Pasrahkan kepada Alloh dan kembalikan kepada Nya,karena kita juga mencari keridhoan dan keberlahan dari Alloh, keberkahan di dapat dari mua malah yang baik,sehingga hasilnya menjadi baik....


Rasulullah bersabda, "Tuhan akan menyiksa tiga jenis manusia pada hari akhir. Salah satunya adalah yang menguras tenaga para pekerjanya, tetapi tidak membayarnya dengan sesuai."
Rasul juga bersabda bahwa penting bagi atasan untuk mempekerjakan karyawan yang kuat dan dapat melakukan pekerjaannya dengan mudah. Mereka tidak boleh memberikan pekerjaan yang berat dan sulit yang dapat memengaruhi kesehatan pekerja itu. (HR Muhalla ibn Hazm)

Seringkali bercerita tentang perusahaan mereka bekerja. Ada yang bercerita dengan penuh kebanggaan dan ada yang bercerita tentang kekecawaan.
Kebanggaan akan tempat bekerja biasanya didasari dengan perlakuan perusahaan terhadap karyawannya, dimana biasanya perusahaan tersebut menerapkan bahawa karyawan adalah aset bagi perusahaan sehingga harus diperlakukan dengan baik.
Tidak jarang saya mendengar beberapa karyawan yang bekerja disebuah perusahaan mengajukan resign karena faktor ketidak nyamanan dengan perusahaan. Pada dasarnya kekecewaan karyawaan terhadapa perusahaan didasari karena perusahaan memperlakukan karyawan hanya sebagai pion atau sapi perah tanpa memperhatikan kepentingan karyawan.
Karyawan seringkali kecewa dengan keputusan manajemen perusahaan menyangkut kebijakan sumber daya manusianya. Keputusan yang diambil tidak berdasarkan melihat karyawan sebagai manusia. Keputusan yang hanya terlihat menguntungkan perusahaan saja tanpa memikirkan akibat yang timbul diantara karyawannya.
Karyawan adalah ASET Layaknya aset, tanpa faktor karyawan, sehebat apapun perusahaan, tidak bisa berjalan dengan baik. Kita lihat ketuka ada mogok bekerja oleh asosiasi pekerjan mengakibatkan bukan lagi kehilangan pendapatan perusahaan tapi sudah kerugian besar. Memperlakukan karyawan hanyalah sumber daya bukanlah kebijakan yang baik. Sumber daya yang hanya diambil keuntungan tanpa melihat faktor di dalamnya.
Ketika sebuah perusahaan memperhatikan atau memperlakukan karyawan sebagai aset yang benar-benar harus dijaga maka akan sangat mempengaruhi kemajuan dan semangat kinerja karyawannya. Ketika karyawan b bekerja dengan tulus, semangat tinggi dan ada rasa memiliki terhadap perusahaan maka akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap perusahaan.
Dengan demikiam bagi para perusahaan hargailah karyawan yang dimiliki jadikan karyawan tersebut sebagai ASET yang sangat berharga.
Karyawan seringkali kecewa dengan keputusan manajemen perusahaan menyangkut kebijakan sumber daya manusianya. Keputusan yang diambil tidak berdasarkan melihat karyawan sebagai manusia. Keputusan yang hanya terlihat menguntungkan perusahaan saja tanpa memikirkan akibat yang timbul diantara karyawannya.

akan ada beberapa keuntungan yang diperoleh pengusaha bila mereka mau berempati sebentar saja  :
1. Doa dari karyawan
2. Loyalitas yang akan meningkat
3. Semangat kerja yang semakin tinggi
4. Paling penting, balasan kebaikan dari Allah SWT sehingga usahanya semakin berkah.

Penulis adalah pernah menjadi aktivis dan dekat dengan perburuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?