Senin, Mei 25, 2020

Sekali Layar terkembang pantang untuk di tutup kembali

Sekali Layar terkembang pantang untuk di tutup kembali

Sangat kagum ketika sempatnya menonton film Tenggelamnya kapal vander wijk ,kagum akan karya dari tokoh terkenal Buya Hamka , yang dikenal sebagai ulama dan penulis tafsir Al azhar ternyata menulis juga cerita indah dan kisah cinta.

Sempat jadi masuk dan terhanyut  dalam cerita ini kebayangnya  sakit banget .Seorang remaja yang sudah berjanji  dengan kekasihnya untuk sampai ke jenjang pernikahan lantas ditinggal, meski kalau di alur cerita pasangannya menikah yang tidak bisa di hindari karena aturan adat saat itu. karena hasil rembukan tokoh masyarakat disana. Melihat zaenudin salah satu peran yang ada tidak jelas karena keturunan Minang dan Makassar ,namun zainuddin yang sempat perih dan putus asa langsung hijrah ke Surabaya dan berkembang disana serta nyaman kehidupannya  ,beliau juga  mendapati di akhir kisah cerita ini , bayangan ke indahan hidupnya  juga berakhir ditinggal kekasih yang didambakan, hayati meninggal tragis walau sempat selamat  akibat tenggelam nya kapal van der wijk , Zainuddin tidak ingin hanyut  dia buat karya  dalam satu novel tenggelamnya kapal Vander wijk)


Hikmah yang bisa kita ambil adalah keberhasilan hidup sesorang itu di alami setelah menempuh ujian dan masalah yang mungkin saja tidak sekali dua kali terjadi yang membuatnya jadi tegar dan kuat serta bijak dalam kehidupan , kacang tidak lupa dengan  kulitnya , (sebgai contoh Dahlan Iskan pemilik jawa pos group yang melalui jalan berliku yang akhirnya menjadi besar).

Rasul  Muhamammad  SAW sering sekali mendapatkan keperihan hidup ,seperti sabdanya Manusia paling berat ujiannya adalah para nabi (HR.Ahmad Tirmizi dan Ibnu Majah),contohnya Nabi  Ayyub AS seluruh tubuhnya di gerogoti penyakit ,nabi Yunus yang ditelan ikan paus selam 40 hari.)

Seorang mukmin bisa bergembira ketika adanya ujian Alloh berarti ia telah memasuki fase kenaikan kelas dan berhasil melewati ujian itu.”Dan sungguh kami akan berikan cobaan kepadamu dengans edikit ketakutan ,kelaparan dan kekurangan harta ,krisis  pangan sampai kematian dan berikan lah kabar gembira ini kepada orang yang sabar yaitu orang orang yang ditimpa musibah mereka ucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi Raaji un(Qs Albaqarah :156)

Semakin sering seseorang menghadapi ujian Alloh semakin kuat pula . Banyak ujian yang dilewati seseorang menjadi tolok ukur  akan kekuatan yang dimilikinya.

Pelaut yang tinggal di perairan laut yang ganas bisa lebih tangguh daripada pelaut yang tinggal di laut tenang,pelaut dilaut ganas akhirnya dapat terbiasa mengahadapi gelombang besar dan tinggi dibanding dengan pelaut yang berlayar di tepian pantai saja..

Sekali layar berlabuh pantang untuk balik kembali , jalani dengan sabar setiap ujian dan lakukan lah perubahan yang dapat menjadikan lebih besar dari pada yang lalu .. Setelah mengalami ujian dan melakukan perubahan jadilah manusia merdeka  yang mengatur dirinya sendiri .
“ Manusia merdeka dapat bertindak untuk dirinya sendir dan orang lain ,manusia merdeka tidak takut kehilanagn malah inginselelau memberikan yang terbaik…..”Anis Matta ….,
Situasi Rumit lahirkan orang kuat Orang kuat lahirkan kenyamanan “ Fahri hamzah.

Penulis : pa fatur,pemilik usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?