Senin, Maret 02, 2020

Takdir ....

Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (Thalaq:3)
Teringat kata-kata seorang teman bahwa “Tuhan Maha Sutradara”. Artinya semua kejadian di dunia ini baik di langit maupun di bumi adalah skenario-Nya. Allah sudah mengatur segalanya, bahkan untuk daun-daun yang jatuh berguguran pun Allah telah mengaturnya. Katanya tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini. Tapi benarkah begitu? Bukankah memang banyak kejadian karena “kebetulan”?

Lihatlah “skenario” ini:
ada seorang mahasiswi hendak berangkat ke kampus, dia mengendarai mobilnya lalu tiba-tiba di tengah jalan tanpa sengaja mahasiswi tersebut menabrak supir ojek. Akhirnya perjalanannya ke kampus sempat tertunda karena harus ribut dulu dengan supir ojek dan terpaksa dia pun membayar uang ganti rugi ke supir ojek tsb. Mahasiswi tsb langsung kesal karena itu adalah uang transferan dari orang tuanya untuk bayar kos bulan itu ditambah lagi sekarang harus keluar biaya lagi untuk ke bengkel. Kekesalannya hari itu sangat luar biasa, tak jadi ke kampus karena sudah telat, terpaksa harus ujian susulan, belum lagi saat kena semprot supir ojek, ditambah harus keluar biaya ganti rugi dan biaya ke bengkel. Rencananya berubah dari hendak ke kampus jadi pergi ke bengkel. Dan…di hari yang sama, di suatu jalan ada seorang pemuda naas yang batal pergi ke kantor karena ban mobilnya kena paku di jalan, lalu sempat di ganti bannya di bengkel tambal ban yang tak jauh dari lokasi kejadian, tapi setelah 5 km mobilnya mogok dan terpaksa harus diderek dan pergi ke bengkel. Pemuda tsb juga kesal karena batal ikut meeting pagi itu dan kena sial di jalan dua kali. Dua jam kemudian pemuda dan mahasiswi tsb bertemu di bengkel yang sama dan setelah tiga tahun kemudian keduanya menjadi suami istri dan memiliki dua anak laki-laki 🙂
Apakah ini semuanya kebetulan atau hanya fiktif belaka? Ok, mungkin ada yang bilang ini hanya imajinasiku saja…tapi bukan tak mungkin banyak peristiwa serupa yang benar2 terjadi. Tapi apakah benar kebetulan? Dari sekian banyak bengkel, kenapa mereka menuju ke satu bengkel yang sama? Dan kenapa di jam dan hari yang sama? Padahal jadwal kuliah dan ujian mahasiswi tsb setiap hari berbeda-beda. Lalu kenapa keduanya bisa mengalami insiden itu secara tiba-tiba pada hari yang sama? Apakah masih berani bilang ini kebetulan juga?
Semuanya sudah ada yang mengatur. Dan Sang Maha Sutradara lah yang mengatur semuanya. Keduanya bukan teman kuliah, tak pernah bertemu sebelumnya, tapi Allah ingin mempertemukan mereka. Dan begitulah caranya, meski keduanya harus “sial” dulu dan membatalkan rencananya. Allah juga telah menetapkan rezeki setiap orang, sama halnya ketika supir ojek tadi sedang butuh uang untuk bayar kontrakan tiba-tiba ada yang memberi “uang” meskipun harus via kecelakaan yang tak seberapa tapi uang ganti ruginya lumayan besar. Dan pemilik bengkel tsb juga sedang butuh dana untuk pernikahan anaknya, lalu mendadak ada dua orang yang datang ke tempatnya sebagai konsumen.. Demikian pula kelahiran dua orang putra yang terjadi tiga tahun kemudian dimana Allah telah menetapkan takdir akan kelahiran hambaNya di muka bumi. Apakah itu semua adalah kebetulan? Satu peristiwa dengan rentetan kebetulan? Dan kebetulan yang benar-benar “betul”. Kita tidak tahu akan terjadi, tapi semuanya sesuai dengan kebutuhan kita. Itu semua adalah kehendak Allah. Semuanya itu sudah diatur oleh Allah. Bayangkan kesannya cukup rumit, tapi Allah sudah mengatur itu semua. Dan semuanya bukanlah kebetulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

Jasa sewa mobil untuk acara

Jasa sewa mobil untuk acara
Dijamin Murah

Cari Toko Bunga Bogor?