“Dan bersegerelah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.” (TQS. Ali Imran ayat 133-134).

Keutamaan sedekah bagi umat muslim tentu sudah banyak dipahami. Bahkan saat ini setiap muslim berlomba-lomba untuk melakukan sedekah terbaiknya.  Allah menjanjikan balasan yang tepat untuk orang-orang yang bersedekah dengan pahala yang berlipat ganda.

Kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan sempit maupun lapang, kita sebagai muslim dianjurkan untuk bersedekah. Sedekah tidak menunggu harta berlebih, tidak menunggu kaya raya. Lakukan saat ini juga, ikhlaskan seberapapun yang kita mampu.

Dan sungguh ada waktu tertentu yang paling istimewa untuk bersedekah. Kapankah itu?

Subuh menjadi waktu terbaik untuk bersedekah. Dan inilah dua keistimewaan ketika bersedekah di waktu subuh:
Pertama
Dari Abu Hurairah r.aSesungguhnya Rasulullah saw pernah bersabda, “ Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa, “Ya allah, berilah ganti bagi orang yang bersedekah/berinfaq”. Sedangkan yang satu lagi berdoa, “ Ya allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari 5/270).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwasanya manusia yang bersedekah di waktu subuh karena Allah, maka malaikat akan mendoakannya. Dan doa malaikat akan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah noscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rejeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (TQS Ath Thalaq ayat 2-3).
Kedua

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagimana air memadamkan api.” (H.R. Tirmidzi)

Tentu kita ingin mendapatkan keutamaan bersedekah dan terutama sedekah di waktu subuh. Saat orang masih sibuk berkutat dengan kehidupan pribadinya, anda sudah memikirkan cara untuk bersedekah. Sedekah terbaik pada waktu yang paling istimewa.

Aksi berbagi bersama komunitas lokal di berbagai daerah menggagas gerakan sedekah subuh. Gerakan untuk sedekah dengan cara yang mudah,murah, dan berkah. Membagi bahagia kepada penerima sedekah dan tentu akan mengalirkan kebahagiaan bagi kita semuanya.

Aksi berbagi mengajak anda semuanya, semua kalangan untuk bersama bergerak dengan semangat sedekah subuh. Donasi anda akan kami wujudkan dalam bentuk nasi box atau snack yang akan dibagikan gratis ke berbagai titik di berbagai daerah.

Mari bersegera bersedekah tanpa nanti, tanpa tapi. Dukung gerakan sedekah subuh dengan sedekah terbaik anda!