banner produk

Minggu, Mei 27, 2012

Ukuran pakan bagi ternak sapi potong


Untuk meningkatakan mutu gizi, masyarakat Indonesia sangat memerlukan tambahan konsumsi daging, khususnya daging sapi. Tambahan konsumsi merupakan peluang usaha untuk meningkatakan usaha peternakan sapi di Indonesia.Diharapkan,kita dapat berswasembada daging sehingga tidak perlu mengimpor.



Laju pertambahan penduduk yang terus meningkat menuntut ketersediaan akan daging yang terus meningkat pula. Sehubungan dengan hal tersebut, ternak sapi khususnya sapi potong merupakn salah satu sumber daya penghasil bahan makanan berupa daging yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan penting artinya di dalam kehidupan masyarakat. Sebab sektor atau kelompopk ternak sapi bisa menghasilkan berbagai macam kebutuhan, terutama sebagai bahan makanan berupa daging, disamping hasil ikutan lainnya seperti pupuk kandang, kulit, tulang dan lain sebagainya.
Daging sangat besar manfaatnya bagi pemenuhan gizi berupa protein hewani. Sapi sebgai salah satu hewan pemakan rumput sangat berperan sebagai pengumpul bahan bergizi rendah yang dirubah menjadi bahan bergizi tinggi, kemudian diteruskan kepada manusia dalam bentuk daging.
Pakan
Pakan untuk ternak sapi potong dapat berupa Hijauan (rumput, kacang-kacangan dan limbah pertanian), konsentrat (dedak padi, onggok, ampas tahu)  dan makanan tambahan (vitamin, mineral dan urea.).
Secara umum jumlah makanan yang diberikan untuk seekor sapi setiap hari adalah sebagai berikut :
  • Hijauan : 35 – 47 Kg, atau bervariasi menurut berat dan besar badan.
  • Konsentrat : 2 – 5 kg
  • Pakan tambahan :  30 – 50 gr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi