banner produk

Kamis, Januari 26, 2012

Sedekah produktif untuk guru ngaji


PENDAHULUAN

Puji syukur ke hadirat Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat taufiq serta hidayahnya sehingga kita masih tetap dalam balutan Iman dan taqwa , Sholawat dan salam senantiasa tercurah limpahkan pada sang reformer dunia yaitu Rosul Mohammad SAW yang telah menuntun kita menuju dunia pendidikan dan tehnologi yang berdasar pada syariat islam .

Harapan kami dengan pembuatan proposal kegiatan yang kami rencanakan ini mendapat tanggapan dan dukungan dari seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan semoga diridho’I oleh Alloh SWT, karena proposal yang kami buat hanyalah untuk menyempurnakan ibadah orang banyak. Dan semoga aktifitas  ibadah yang dikerjakan diterima disisinya. Amin yarobbal alamin
A.    Latar Belakang
Ketika Kehidupan  dirasa menyesakkan dada ,kualitas kehidupan semakin jauh dari tuntunan  Sang Maha Pencipta,melemah dan menyelewengkan aqidah berimbas pada menurunnya  daya dan kemampuan ibadah serta merosotnya ahklaq . Hal inilah yang kemudian melahirkan aneka dehumanisasi,kemuliayaan manusia nyaris hilang dan mendekati kehidupan layaknya mahluk jenis lain .halal dan haram ,baik dan buru,etis dan tida etis,kasar dan halus,hampir tak jelas batasnya.
Kemajuan tehnologi sebagai buah dari perkembangan kecerdasan yang berpadu dengan ilmu pengetahuan ,tidak selalu membawa dampak yang positif jika tidak dibarengi dengan kecerdasan emosi sprituil.
Mencermati kondisi diatas ,kekhawatiran kita akan masa depan generasi muslim Indonesia nampaknya perlu diwaspadai . Ketersediaan sumber daya insani yang memadai yang dapat menyajikan dan mengarahkan warga belajar dalam kondisi nyaman layaknya menonton TV, memainkan HP  atau interaksi via  internet  menjadi sebuah keniscayaan. Untuk kembali pada Al-Qur’an “menjadi hal utama dan pertama kami menyakini bahwa Al-Qur’an akan senantiasa menjadi petunjuk ,penawar dan pembeda antara hak dan batil ,sekiranya ia masih di baca dipelajari dan dijadikan pedoman sepanjang hidup
Adalah hal yang memprihatinkan manakala sebuah rumah masih tidak lagi disinari dengan lantunan bacaan al-qur’an karena minusnya kemampuan membaca dari penghuninya. Lebih memprihatinkan lagi jika kemampuan itu tidak dimiliki oleh seorang ibu,sosok yang diharapakan dapat melahirkan generasi yang cerdas dan mandiri .  
Juga dapat menjadi pemikiran dimana ketersediaan tenaga pengajar juga tidak dibarengi dengan adanya financial bagi mereka yang menyebabkan focus mencetak anak-anak yang mampu baca qur’an menjadikan kondisi yang tidak dapat diatasi.
Yang juga tidak kalah penting dan memperparah situasi ada juga anak yang sudah tidak memiliki orang tua dan tidak mampu ,terhanyut dalam situasi seperti sekarang, sehingga semakin tidak karuan masa depan anak-anak ini.
B.     Permasalahan
Dari latar belakang diatas dapat diambil kesimpulan suatu permasalahan yaitu:
1.       Proses& metode pendidikan berpengaruh pada perkembangan &hasil belajar anak.
2.       Meningkatkan kemampuan pada Tutor pendamping dan penyelenggara
3.       Banyak bermunculan produk – produk sain dan teknologi serta derasnya arus budaya asing yang semakin menggeser minat untuk belajar membaca Al Qur'an.
4.       Ketersediaan finansial bagi guru dan finasial bagi anak yang tidak memilki orangtua Perlu diperhatikan
5.       80% orangtua & siswa tidak fasih baca Al-Qur’an
C.    Tujuan, Cerita Hikmah,Manfaat
a.      Tujuan
·         Sebagai upaya meningkatkan kecerdasan generasi muslim.
·         Sebagai upaya pemberantasan buta huruf Al-Qur’an
·         Membantu financial tenaga pengajar untuk focus memberikan ilmunya kepada anak-anak dan masyarakat.
·         Membantu anak yang sudah tidak memiliki orangtua dengan memberikan beasiswa kepadanya..
b. Cerita Hikmah
Sedekah Ternak adalah program yang terinspirasi dari kisah seorang shahabat Nabi Muhammad SAW yang teramat miskin, yaitu Tsalabah. Pada suatu hari, Tsalabah datang menghadap Rasulullah, dan mengadukan tekanan ekonomi yang dihadapinya. Kepada Rasulullah, Tsalabah meminta agar Rasulullah untuk mendoakannya agar mendapatkan rizky yang banyak. Menurut kisahnya, Rasulullah menolak dan menasehati Tsalabah agar mengikuti kehidupan Nabi saja. Namun Tsalabah terus mendesak, akhirnya Rasulullah mendoakannya dan memberikan Tsalabah dua ekor kambing. Dengan pemeliharaan yang sungguh – sungguh dan kerja keras, Tsalabah berhasil memiliki ternak hingga ribuan ternak, sehingga harus membuat kandang ternak jauh dari kota Madinah.
Terlepas Tsalabah di kemudian hari mengingkari Nabi Muhammad SAW, kisah ini menjadi inspirasi bahwa peternakan dapat menjadi media efektif dalam memberdayakan masyarakat, tentu saja

b.      Manfaat
·         Orang tua sadar dan peduli pada pendidikan agama anak.
·         Anak-anak yang sudah tidak memiliki orangtua dapat belajar sama seperti anak yang masih memilki orang tua.



















BAB II
PEMBAHASAN

  1. Rencana Kegiatan
·         Sedekah produktif dari muzakki dalam bentuk pembelian satu ekor sapi untuk digemukkan dan dijual 4 bulan dan jual saat qurban.
Untuk penggemukan 4 bulan maka pemakaian dana ditujukan bagi pemebrian financial(gaji) kepada tutor atau guru baca Al-Qur’an
Untuk penggemukan dan jual qurban digunakan untuk beasiswa bagi anak untuk sekolah dan belajar al-Qur’an.
Diharapkan dari sedeqah produktif ini untuk jangka waktu 4 bulan seorang guru mampu menjadikan siswa pandai baca qur’an.
     B .Tehnis
Dalam mencapai program penggemukan sapi untuk gaji guru dan beasiswa terbagi dalam dua bagian
1.      Penggemukan sapi bagi guru ngaji
Diperlukan sapi dengan harga Rp. 5.000.000 /ekor. Yang dipelihara dalam kurun waktu 4-6 bulan  lalu dijual.  DanaRp. 5.000.000,-( Lima juta  rupiah) bisa didapat dari sedeqah perseorangan atau sedeqah dari 10 orang(500.000/orang) atau 20 orang (250.000/orang) yang perkembangan bisa diketahui muzakki atau penyumbang. Diasumsikan penjualan seharga Rp. 8.000.000,-maka ada laba sebesar Rp. 3.000.000, dengan pembagiannya adalah Rp. 2.000.000(untuk pengelola) dan Rp.1.000.000,-(untuk guru ngaji).
Dana Rp. 1.000.000 bagi guru ngaji juga berlaku untuk kurun waktu 4 bulan sehingga per bulannya guru ngaji mendapat Rp. 250.000,-
Bisa dibayangkan jika satu ekor sapi mampu memberikan pendapatan bagi guru ngaji,maka sudah sepantasnya tidak terjadi adanya guru ngaji yang malas untuk memberikan pelatihan bagi anak-anak.
Dan modal harga Rp. 5.000.000,- dibelikan lagi hewan sapi untuk penggunaan gaji bagi tenaga pengajar.

2.      Penggemukan sapi untuk beasiswa anak yatim
Diperlukan sapi dengan harga Rp. 4.000.000/ekor dengan masa penggemukan 8-10 bulan, dana bisa didapat dari perseorangan dan kumpulan sedeqah bukan kumpulan untuk qurban ,misal untuk kumpulan sedeqah 20 orang didapat Rp. 4.000.000 dengan berkaca pada konsep penggemukan yang sudah dilakukan mendapatkan harga jual Rp. 7.500.000 ada kelebihan sejumlah 3.500.000,- . dengan pembagian Rp. 1.000.000 untuk beasiswa bagi yatim dan Rp. 2.500.000 bagi pengelola.
Pengelola meliputi(manajemen,peternak,biaya kesehatan,biaya,biaya transport antar sapi qurban dll).
Jelas akan didapat beasiswa bagi yatim sebesar Rp. 1.000.000,
  1. Struktur
Dewan Pembina
:Drg. Hardyono
Ketua
: Achmad. Fathurochman. Amd
Sekretaris
:Arif Suwandi,. SPd.
Bendahara
: Dian Lindasari, SP
Penanggung jawab kandang
: Bapak Pendi
Keamanan
: Bapak Aman
Penjualan sapi
: Achmad Fathurochman.Amd
Penanggun jawab program guru ngaji dan beasiswa yatim
: Ust. Erma Hermawati.SAg

D.    Kandang
Ditempatkan dikandang Penggemukan di Karehkel





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan yaitu:
·         Kesadaran kembali dan sadar dengan Al-qur’an tercipta lagi
·         Guru sudah tidak lagi memikirkan pengahsilan lain lebih besar karena sudah dibantu dari penjualan penggemukan sapi.
·         Anak yatim dapat sekolah dan belajar ngaji dengan baik
B.     SARAN SARAN
Dari kegiatan didapat  Kepedulian akan pendidikan terutama pendidikan mental menjadi utama dan perhatian terhadap guru serta anak-anak juga segera dapat terwujud.



Ketua



Achmad Fathurochman.Amd
Sekretaris



Arif Suwandi.SPd











KATA PENGANTAR



            Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya sehingga program penggemukan sapi bagi guru ngaji dan beasiswa bagi anak yatim dapat diselesaikan.
            Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan jawaban atas kegalauan bagi sebagian guru ngaji yang ingin terus mengabdi memberi pelajatan ngaji bagi murid namun terganggu oleh kebutuhan ekonomi keluarganya sehingga terabaikan kewajiban mengajar.
Juga dapat memberi jawaban bagi ana-anak yang ditinggal oleh salah satu atau kedua orangtuanya terutama siswa SMP( karena siswa SD disebagian besar wilayah Indonesia biaya sekolah sudah gratis) dapat menikmati sekolah dan juga belajar Al-Qur’an.
            Kami menyadari bahwa program masih banyak kekurangan, namun demikian kami berharap kiranya bantuan  yang dapat diberikan akan membantu proses program ini berjalan dengan baik. Amiin…...

                                                                                                            Ketua



                                                                                                                                Achmad Fathurochman.Amd






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi