Kamis, Oktober 13, 2011

penggabungan Aqiqah dengan 1 ekor sapi untuk beberapa orang



Begini pak, kami bermaksud mau rencana aqiqah kl di jumlah harus 6 kambing apakah boleh 6 ekor kambing tersebut di ganti 1 ekor sapi ???




Namun di dalam aqiqah tidak diperbolehkan berserikat (patungan,
urunan) sebagaimana dalam udhhiyah, baik kambing/domba, atau sapi atau unta. Sehingga bila seseorang aqiqah dengan sapi atau unta, itu hanya cukup bagi satu orang saja, tidak boleh bagi tujuh orang.
Ibnu qayyim pernah ditanya tentang hal ini, dan beliau menjawab bahwa beliau tidak pernah mendengar hal seperti ini. Dan beliau berpendapat bahwa tidak boleh bergabung tujuh orang untuk beraqiqah dengan menyembelih satu ekor sapi. Beliau menyebutkan, tatkala sembelihan aqiqah ini merupakan tebusan bagi anak yang baru lahir, maka disyariatkan aqiqah dengan menyembelih hewan sembelihan yang sempurna, yakni tidak boleh adanya gabungan beberapa orang di dalamnya. Karena satu orang bertanggungjawab untuk menebus jiwa satu orang anak.
Sementara itu, pendapat lainnya mengatakan bahwa Aqiqah boleh dilakukan secara bersama-sama atau gabungan, misalnya seorang ayah menyembelih sapi untuk aqiqah tujuh anaknya sekaligus, atau misalnya beberapa orang urunan membeli sapi untuk aqiqah anak-anak mereka. Hal ini tidak berpengaruh bagi yang beraqiqah, artinya aqiqahnya tetap sah. (Al-Majmu Syarh Al Muhadzdzab, Juz I, hal. 429).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi