harga paket aqiqah dan catering dus

harga paket aqiqah dan catering dus

banner produk

Jumat, Oktober 07, 2011

Kelebihan daging dari Sapi&domba&kambing pakan alami

Daging organik
Berbagai penyakit yang muncul akibat daging yang terkontaminasi membuat orang butuh daging organik, yaitu daging yang diperoleh dari hewan ternak yang dipelihara dengan pemberian ransum makanan (pakan) alami dari sumber-sumber nabati, seperti rumput,dedak, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Proses pemeliharaannya pun tidak menggunakan hormon-hormon pertumbuhan, misalnya hormon penggemukan.

Praktik pemeliharaan ternak yang keliru—menggunakan bahan-bahan hewani berprotein tinggi dan hormon-hormon pertumbuhan—terbukti berdampak buruk. Pemberian pakan yang melawan kodrat, hewan herbivora diberi konsentrat sisa daging ternak sehingga menjadi karnivora, membuat ternak menjadi rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Di antaranya adalah penyakit sapi gila (mad cow disease) serta penyakit mulut dan kuku.
Berjangkitnya berbagai penyakit yang berasal dari konsumsi daging mendorong konsumen lebih selektif memilih daging. Pemerintah Indonesiapun beberapa kali membatalkan impor daging dari negara-negara yang endemik penyakit sapi gila serta penyakit mulut dan kuku. Tak heran bila ke depan tuntutan daging organik semakin besar.
Walaupun untuk sementara harga pangan organik menjadi lebih mahal dibandingkan pangan biasa, konsumen tampaknya akan berbondong-bondong memilih pangan organik, dengan alasan keamanan. Hasil survei di Eropa tahun 1998 menunjukkan, mereka lebih memilih pangan organik dengan alasan lebih enak, lebih sehat, dan lebih aman.
Pangan organik juga lebih ramah lingkungan, karena bebas dari penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang dapat merusak struktur tanah serta mencemari air dan udara di sekitarnya.
Dalam jangka panjang, harga pangan organik akhirnya menjadi lebih murah karena biaya produksi menurun. Semua itu akan berdampak pada m,eningkatnya taraf kesehatan, usia harapan hidup, dan tentu saja produktivitas kerja. Negara juga menghemat devisa yang selama ini digunakan untuk membeli pupuk dan pestisida kimiawi.
(Dr Ir Made Astawan, dosen Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi-IPB)
Sumber : Kompas, Kamis, 27 Desember 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi