harga paket aqiqah dan catering dus

harga paket aqiqah dan catering dus

banner produk

Selasa, Agustus 02, 2011

Impor sapi dibuka lagi ????

 
Dananjoyo Kusumo / Jurnal Nasional
Jurnas.com | DEWAN Perwakilan Rakyat menyayangkan langkah pemerintah yang menerima kembali kebijakan membuka impor sapi bakalan dari Australia. Pembukaan kembali impor sapi bakalan tersebut dikuatirkan akan menurunkan harga sapi lokal.

Wakil Ketua Komisi Pertanian DPR Anna Muawwanah mengatakan, sejak ada suspensi dari Australia, harga sapi lokal sudah meningkat mencapai Rp 25.500/kg bobot hidup, padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 20 ribu/kg bobot hidupnya.

"Peternak baru nikmatin itu, tiba-tiba ada statement bahwa importasi sapi dibuka, jangan buat hopeless," katanya dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertanian, di gedung DPR, Jakarta, Senin (11/7).

Politisi dari Fraksi PKB tersebut menambahkan, pemerintah perlu membuat tempat-tempat khusus yang bisa membuat peternak bisa menjual langsung sapinya tanpa perlu melalui belantik. "Karena belantik ini mengambil keuntungan besar," ujarnya.

Anggota komisi dari Fraksi PDIP I Made Urip menyayangkan sikap pemerintah yang menyetujui dibukanya kembali impor sapi bakalan Australia. Padahal, kata dia, suspensi bisa dimanfaatkan untuk mempercepat target swasembada daging 2014. "Kenapa tiba-tiba dibuka lagi," katanya.

Pernyataan senada juga dilontarkan oleh anggota komisi Rofi' Munawar. Dia mengkhawatirkan harga sapi lokal akan anjlok usai dibukanya kembali impor sapi bakalan Australia. "Pembukaan keran impor sapi bakalan seharusnya tidak boleh menghambat pertumbuhan produksi sapi lokal," ujarnya.

Dia menjelaskan, data BPS sementara mencatat hingga awal Juli terdapat 14,5 juta sapi potong, 1,27 juta kerbau, dan 574 ribu sapi perah. Total sapi yang berpotensi menghasilkan daging untuk dikonsumsi sekitar 16,3 juta ekor.

"Jangan sampai kebijakan impor ini menghidupkan peternak Australia, tapi di sisi lain mematikan peternak lokal," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi