Sabtu, Juli 09, 2011

Sapi:Bagian daging dalam tubuh sapi

Menghitung berapa daging yang akan dihasilkan oleh seekor ternak. Sebab, sasaran kita, untuk berapa orang daging ini akan dibagikan. Caranya, seekor sapi akan mampu menghasilkan karkas (tulang daging tanpa kepala, kaki, kulit, dan jeroan) sekitar 49-57 persen dari berat hidup. Jika kita membeli seekor sapi dengan berat badan 400 kilogram (kg), akan diperoleh karkas sekitar 196-228 kg.


Dari jumlah ini, akan mampu dihasilkan daging tanpa tulang sekitar 75 persen ari berat karkas atau sekitar 147-170 kg, belum termasuk jeroan, kaki, dan kepala. Berat daging yang diperoleh sangat tergantung pula pada perlakuan yang diberikan selama sapi tersebut belum dipotong.

Akibat buruknya, perlakuan sebelum dipotong biasanya dapat menurunkan (susut berat badan) sampai dengan 5 persen dari berat badannya, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Bila kita konversikan, penyusutan 5 persen dari berat sapi 400 kilogram adalah sekitar 20 kg berat hidup, dengan nilai uang sebesar Rp 440.000 per ekor (asumsi harga sapi saat Idul Adha Rp 22.000 per kg berat hidup).

Nilai yang cukup besar dari penyusutan ini hilang begitu saja. Jika ternak diperlakukan dengan baik, manfaat yang sebesar itu akan dapat dinikmati oleh banyak orang. Seandainya kita akan membagikan kepada yang berhak menerima daging kurban per bungkus per orang seberat 1 kg daging ditambah jeroannya, dari seekor sapi dengan berat badan 400 kg akan diperoleh sekitar 147-170 bungkus.(lebahndut.blogspot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi