banner produk

Kamis, Februari 11, 2010

Penjualan domba Garut, (Jantan Dewasa,Betina Dewasa,Bahan jantan dan bahan betina)


Domba garut,Banyak jenis domba yang bisa ditemukan di dunia ini. Salah satu jenisnya yang khas adalah domba Garut. Penampilannya – atau dalam bahasa Sunda disebut tagog – begitu gagah dan penuh keberanian, namun kalem dan berwibawa. Tidak mengherankan jika domba Garut lebih banyak dimanfaatkan untuk hobi atau domba adu, ketimbang dijadikan ternak peliharaan biasa.

Jelas saja domba ini berbeda. Domba Garut, yang dalam bahasa latinnya disebut ovis cries, merupakan campuran dari perkawinan antara domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Domba capstaad sudah lebih dulu ada di Garut, sementara domba merino yang didatangkan ke Garut pada abad ke- 19. Dari ketiga jenis domba itulah, lahir varietas baru yang kemudian disebut domba Garut.

Kini domba Garut masih tetap jadi domba unggulan. Domba Garut dewasa harganya bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah per ekornya. Daerah-daerah yang dikenal sebagai sentra peternakan domba Garut diantaranya Banyuresmi, Wanaraja, Singajaya, Banjarwangi, dan Bungbulang. Di daerah-daerah inilah pembudidayaan domba Garut dilakukan mulai dari pembibitan sampai siap dijual.

Bagi orang-orang yang fanatik, memelihara domba Garut ibarat candu. Cara-cara pemeliharaannya pun tidak sembarangan. Selain diberi rumput pilihan, domba ini juga Bering diberi susu yang dicampur madu. Belum lagi cara pemeliharaan fisiknya yang harus tetap dijaga bersih dan sehat.

Sayangnya, dewasa ini jenis domba Garut justru banyak ditemukan di daerah lain. Tengok saja bila digelar acara-acara adu domba atau pasanggiri domba hias. seringkali domba-domba yang berasal dari daerah lain kalah oleh domba Garut yang dipelihara di luar daerah. Sampai tahun 1999 saja, dari 329.975 populasi domba yang ada, hanya 30% yang merupakan domba Garut. Sementara domba Garut unggulan banyak ditemukan di daerah Bogor, Bandung dan Sukabumi.

Ironisnya, para pecandu domba Garut dari luar daerah berhasil mengambil bibit unggul dari Garut, kemudian mengembangkannya dengan sukses di daerahnya masing-masing. Ketika domba hasil peliharaannya dibawa kembali ke Garut, harganya sudah ratusan juta rupiah. Bahkan pembudidayaan bibit unggul domba Garut tidak lagi menjadi monopoli orang Garut. Bibit-bibit unggul domba Garut malah bisa diperoleh dengan mudah di Bandung dan Sumedang.

2 komentar:

  1. ass,pa fatur kalau saya ingin survai dulu boleh ?

    BalasHapus
  2. wass.mangga silahkan

    BalasHapus

Belanja online

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG

AL-An'am di muat di POS DESA&SUNDA URANG
POS DESA dan Majalah Sunda Urang

peta lokasi